Thursday 9 April 2015

Tips Untuk Pendaki Yang Suka Ngebul Alias Merokok

Merokok disepanjang perjalanan pendakian adalah hal yg lumrah untuk sebagian pendaki, mereka menganggap merokok adalah tuntutan wajib bagi mereka yang sudah kecanduan, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa merokok juga memberikan efek negatif pada kemampuan fisik serta stamina si pendaki.
Pendaki yang suka mengkonsumsi rokok sepanjang track pendakian cenderung lebih sulit mengatur nafasnya dikarenakan zat-zat yang terkandung dalam rokok seperti nicotine, sangat mempengaruhi daripada kerja paru-paru sebagai terminal oksigen yang masuk ke pembulu darah serta jantung yang berfungsi memompa aliran darah keseluruh tubuh, dengan merokok kebanyakan perokok menganggap bahwa merokok dapat meningkatkan mood mereka sehingga tidak merasakan letih yang berrlebihan serta merasa lebih bersemangat ini tentu opini karena sepengetahuan penulis, merokok terlalu sering selama pendakian dapat memberikan efek yang besar bila kita sudah berada di ketinggian lebih dari 1500 mdpl, dikarenakan kadar oksigen yang semakin rendah serta meningkatnya aktifitas dapat memberikan pengaruh konkrit pada kerja paru-paru dan jantung, contoh sederhana nya adalah sesak nafas, apalagi untuk mendaki gunung yang memiliki simpanan berlerang dengan kadar yang lumayan tinggi ini dapat membuat sipendaki merasakan sesak nafas yang hebat yang sangat sulit antisipasi nya.

Pendaki gunung yang merupakan smooker lebih cenderung sering capek, ini adalah faktanya kok bisa gitu? Ya karena disaat kita berjalan bersamaan dengan merokok itu dapat memberikan tekanan lebih terhadap paru-paru dimana disisi yang satu paru-paru memompa oksigen agar bisa masuk kedalam darah, disisi lain paru-paru harus menahan atau menyaring kadar karbodioksida dan zat-zat berbahaya lain yang turut masuk kedalam paru-paru melalui asap rokok tadi, kegiatan penyaringan atau pemisahan antara oksigen dan zat-zat lain yang dilakukan di paru" ini tidak akan selalu sempurna karena ada kalanya zat-zat berbahaya yang terkandung itu juga turut masuk kedalam aliran darah kita. Itu lah yang memicu tersumbatnya aliran darah yang menimbulkan rasa lelah pada tubuh kita.

Selain itu pada saat kita melakukan pendakian pada musim kemarau, rokok yang kita hisab cenderung berbahaya dikarenakan bara api yang ditimbulkan oleh tembakau bila jatuh dan mengenai ranting-ranting dan semak-semak kering dapat mengakibatkan kebakaran hutan, ini adalah resiko yang sangat besar jika kita merokok sepanjang pendakian pada musim kemarau.

So, solusi jitu nya apa dong???

Oke... Di bawah ini ada beberapa solusi buat kamu-kamu yang merupakan pendaki perokok kelas kakap :D hehehe

1. Merokok lah pada saat istirahat dikarenakan merokok pada waktu ini dapat mengurangi tekanan yang terjadi pada paru-paru kita ini dapat menghindarkan kita dari sesak nafas.

2. Ketinggian maksimum dimana kita sudah tidak boleh merokok lagi dikarenakan semakin tipis nya oksigen adalah 2700 mdpl, bila diatas ketinggian tersebut dianjurkan agar tidak merokok karena kandungan oksigen yang semakin rendah dan suhu yang semakin rendah.

3. Bila anda ingin merokok pada saat mendaki dan waktu itu adalah musim kemarau, anda dapat merokok dengan cara menggali tanah sedalam 3-5 cm dan usahakan terhindar dari ranting-ranting serta semak" kering, dan buanglah kuntum serta abu rokok anda ke dalam lubang yang sudah anda buat tadi, kegiatan ini dapat menekan angka kemungkinan kebakaran hutan dan tentunya anda harus menutup kembali lubang tadi dengan tanah galian-nya.

4. Merokoklah ditempat yang agak jauh dari tempat yang sering ada angin, anda dapat merokok di balik batu besar, dibelakang pohon, dan sebagainya kegiatan ini dapat menghindari abu rokok yang mengandung bara api berterbangan dari tempat anda, bila hal ini (bara api) sampai berterbangan bukan tidak mungkin dapat menyebabkan kebakaran hutan. Karena sifat bara api yang cenderung akan lebih membara jika terkena angin.

Nah, itu dia sekilas info untuk para pendaki yang suka merokok sepanjang pendakian, merokok adalah kegiatan positif plus negatif, jdi ambil positif nya saja, tetap jaga alam kita agar tetap lestari untuk anak cucu kita.
Preserve our mountain, flora and fauna
Salam ransel. :)

Bagikan

Jangan lewatkan

Tips Untuk Pendaki Yang Suka Ngebul Alias Merokok
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.