Tuesday 24 March 2015

Keindahan Gunung Lemongan Lumajang

Gunung Lemongan atau Lamongan ? Tentu masih banyak yang belum tahu atau bahkan mungkin sama sekali belum pernah mendengarnya ? Gunung Lemongan adalah salah satu gunung yang terletak di Lumajang, tepatnya di Desa Papringan, Kecamatan Klakah. Gunung ini memiliki ketingian 1.617 mdpl.


Gunung ini mempunyai keunikan tersendiri yang jarang dimiliki gunung-gunung lainnya di Jawa. Kalau kita mendaki gunung ini sampai puncaknya ada pemandangan yang sangat menakjubkan. Di kejauhan kita dapat melihat pemandangan Gunung Semeru, selain itu kita juga bisa melihat danau-danau tektonik di kaki Gunung Lemongan ini. 

Sebenarnya terdapat tiga buah ranu (danau)  yang berada di lereng Gunung Lemongan yakni Ranu Pakis, Ranu Klakah dan Ranu Bedali. Ranu Pakis digunakan warga sekitar untuk membudidayakan ikan air tawar. Ranu Klakah adalah ranu yang berlatar belakang Gunung Klakah. Ranu Bedali merupakan ranu yang terdapat di daerah cekungan seolah-olah ranu ini berada di sebuah mangkuk besar.
Ketiga ranu ini membentuk segitiga sehingga biasanya disebut "Segitiga Ranu".
Dalam istilah vulkanologi dan geologi, danau tektonik dikenal sebagai "maar". Maar terjadi akibat letusan vulkanik yang berbentuk bundar dan berdinding terjal. Maar terbentuk oleh letusan freatik dan freatomagnetik dalam sekali masa giat.

Untuk menuju Gunung Lemongan, dari Surabaya kita naik bus, kemudian dari klakah pendaki memulai pendakian sampai ke puncak. Sebelumnya kita bisa mengisi persediaan air jika sampai di Desa Papringan. Umumnya perjalanan dari Klakah menuju Papringan memakan waktu sekitar 1 jam. Dari Papringan selanjutnya kita menuju rumah juru kunci Gunung Lemongan yaitu Mbah Citro sekitar 1 jam. Disini kita bisa beristirahat sebelum melanjutkan pendakian.

Setelah beristirahat kita melanjutkan perjalanan menuju Watu Gede dengan kondisi jalan cukup landai. Untuk sampai disini kita memerlukan waktu sekitar 1 jam. Dari sini biasanya pendaki banyak yang melakukan pendakian tengah malam untuk mendapatkan sunrise di puncak. Setelah Watu Gede jalan mulai agak terjal, jadi kita perlu hati-hati. 
Setelah melewati tanjakan yang terjal kita akan sampai di hutan pakis, dan kemudian sampai di Alas Kobong. Dari sini medan masih berupa tanjakan yang cukup terjal. Dari sini menuju puncak hanya 50 meter saja. Di puncak kita bisa menikmati gunung-gunung yang ada di Jawa Timur seperti Semeru, Argopuro, Raung dan kompleks pegunungan Tengger.





Bagikan

Jangan lewatkan

Keindahan Gunung Lemongan Lumajang
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments